Istana Maimun Ramai Dikunjungi Wisatawan


Libur panjang Natal dan Tahun Baru 2017, banyak dimanfaatkan masyarakat untuk menghabiskan waktunya bersama keluarga dan kerabat. 

Salah satu alternatif tempat yang menjadi tujuan wisata di Medan adalah situs Kerajaan Sultan Deli, Istana Maimun. 

Istana Maimun merupakan salah satu ikon kota Medan dan Sumatera Utara yang terletak di Jalan Brigjen Katamso Medan. 

Bangunan tersebut memiliki luas sebesar 2.772 meter persegi dengan 30 ruangan. Istana Maimun terdiri dari dua lantai dan memiliki tiga bagian yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. 

Bangunan istana ini menghadap ke utara dan pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan. 

Istana ini bukan hanya karena usianya yang tua, namun juga desain interiornya yang unik, memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia. 

Namun sayang, tempat wisata ini tidak bebas dari kawasan pedagang kaki lima (PKL). Seperti pada hari ini, Senin (2/1/2017), masih banyak masyarakat di Kota Medan bahkan dari daerah lain datang hanya untuk menikmati libur cuti Tahun Baru di Istana Maimun.

Dimas Arya misalnya, ia bersama keluarganya memilih menghabiskan liburan Tahun Baru berkunjung ke Istana Maimun. 

“Saya bersama keluarga memilih liburan ke Istana Maimun, karena ini baru pertama kalinya kemari, kami jauh-jauh dari Sibolga memang sudah merencanakan ke Medan pas libur,” tuturnya, seperti dikutip dari Waspada Online. 

Menghabiskan waktu libur panjang, juga dirasakan Ainun, salah seorang pengunjung yang berasal dari Deli Serdang. “Memang sudah direncanakan untuk datang kemari, pas tanggal 1 semalam, saya bersama keluarga ke Pantai. Jadi hari ini menghabiskan sisa libur di Istana Maimun, karena besok kan sudah masuk kerja kembali, jadi kita manfaatkan waktu liburan hari ini,” tutur Ainun.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.