Tahu Goreng Lezat Tanpa Rasa Masam


Cara membersihkan tahu yang benar agar tidak asam mudah untuk diikuti.

Yang jelas, dengan mengikutinya, tahu yang akan kita nikmati jadi lebih enak dan harum aromanya. Ia juga terhindar dari rasa asam.

Soalnya, zat-zat yang mengubah rasa tahunya jadi hilang.

Di pasar ada beberapa jenis tahu. Ada tahu yang tidak berkulit seperti tahu bandung dan tahu cina.

Tahu bandung agak kecil dan tidak padat sedangkan tahu cina besar dan lembut.

Ada pula tahu yang berkulit seperti tahu cokelat dan tahu pong. Tahu pong yang dijual di pasar biasanya belum digoreng, Jika ingin membeli yang sudah digoreng, tinggal membeli di tukang gorengan.

Tahu Bandung, tahu cina, atau tahu pong yang masih mentah bisa dicuci di bawah keran air yang mengalir. Air yang mengalir akan membantu tahu jadi lebih bersih.

Namun, perhatikanlah aliran airnya, jangan sampai terlalu deras agar tahu tidak hancur. Pasalnya, tahu yang tidak berkulit ini lembut teksturnya. Saat airnya mengalir, gosok perlahan tahu agar bersih betul.

Bila tahu akan disimpan, namun Anda tidak ingin rasanya asam, rebus tahu sebentar di air mendidih agar proses fermentasi tahu berhenti dan tahu tidak asam.

Proses pemanasan inilah yang akan membuat bakteri-bakteri di dalam tahu berhenti bekerja membuat tahu berubah rasanya. Setelah direbus, tahu pun siap kita simpan.

Untuk tahu yang berkulit, ia lebih mudah menyimpan air. Apalagi ia biasa dijual di kemasan yang berisi air dan terendam penuh. Jadi, untuk menghilangkan rasa asamnya, peraslah ia terlebih dahulu.

 Lalu, rebus tahu di air panas. Biarkanlah tahu beberapa saat, lalu tiriskan dan peras kembali agar tahu benar-benar bersih.

Itulah cara tepat membersihkan tahu agar rasanya tidak asam. Dengan mengikutinya, dijamin tahu buatan Anda gurih dan enak rasanya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.